Hubungan Nilai-NIlai Pancasila Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Catatan Purba - Salam sahabat Purba, dalam dua tahun terakhir ini, Pemerintah Gencar dalam membangun sektor dunia pendidikan, salah satunya adalah peningkatan kualitas pelajar yang berfalsafah Pancasila. 

Hal ini sejalan dengan penegasan yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim yang menginginkan agar anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggengam tegus falsafah pancasila, Pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya, dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri (sumber; kemdikbud.go.id).

Profil Pelajar Pancasila itu sendiri merupakan pandangan yang menggambarkan watak dan tingkah laku yang mesti dimiliki oleh siswa  dengan menerapkan nilai nilai yang ada pada Pancasila. Sedangkan elemen yang terkandung dalam Profil Pelajar Pancasila  yaitu Berakhlak Mulia, berkebinekaan Global, Mandiri, Gotong Royong, Bernalar Kritis dan Kreatif. Hal ini berkaitan juga dengan kepatuhan pada  moralitas, integritas, kerja keras, kejujuran, kesetiaan, kepedulian, kesopanan, kemandirian, dan demokrasi.



Profil Pancasila  yang berdasarkan pada lima sila ini sendiri bertujuan agar menciptakan suasana yang menyatukan bangsa Indonesia dengan nilai-nilai yang berlaku.  tujuannya adalah ; 

- Menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila, 

- Mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, 

- Menghargai perbedaan dan menjunjung tinggi persatuan dan kebangsaan

- Melaksanakan tugas dan tanggungjawab, mandiri dan kreatif

- Menjunjung tinggi nilai yang ada dimasyarakat, kebudayaan, dan kebangsaan

- Berperilaku jujur, adil, bertanggungjawab, berkepribadian luhur, dan menghormati hak manusia lainnya

- Mengamalkan akhlak mulia serta menunjukkan sikap jujur dan disiplin

- Memiliki kemampuan berpikir kritis, mandiri dan bisa berkomunikasi secara efektif

Peserta didik diharapkan mampu mencapai Profil Pelajar Pancasila agar memiliki nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai pondasi moral kepribadiannya dan menjadi pedoman dalam menjalani kehidupannya kelak.

Tentunya ini akan membantu peserta didik tersebut menjadi pribadi yang berwawasan luas, berkarakter, dan memiliki keterampilan yang diperlukan. selain itu juga tentunya peserta didik ini diharapkan mampu bersaing dan beradaptasi di dunia global yang terus berkembang dan kompetitif.

Demikian hubungan nilai-nilaii Pancasila dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Mohon Maaf jika ada salah kata dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah mengunjungi web kami ini.


Posting Komentar untuk "Hubungan Nilai-NIlai Pancasila Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila"